Komputer Informatika dan Perjalanan Indonesia

b

Bagian-Bagian Harddisk dan Cara Kerja Harddisk

Hello gan, kemarin habis posting Pengertian Mainboard dan fungsi Komponen pada Mainboard sekarang saya akan berbagi sedikit rangkuman saya dari buku-buku pinjaman buat tugas menulis artikel tentang Bagian-Bagian Harddisk dan Cara Kerja Harddisk.

Sudah anda ketahui bahwa salah satu fungsi komputer yang paling penting adalah buat pengolah data. Pengolahan data memerlukan media penyimpan karena begitu banyaknya data yang harus diolah dan disimpan. Jelas, bahwa komponen yang berfungsi sebagai media penyimpan data merupakan salah perkakas vital dalam dunia komput er. Oleh karena itu, perkembangan yang revolusioner dalam dunia komputer juga banyak terletak pada media penyimpan ini yang sekarang berbentuk disk. Bayangkan, jika anda harus mengoperasikan komputer tanpa harddisk, hanya menggunakan disket. Betapa repotnya harus mengganti-ganti disket. Belum lagi kecepatan disket yang sangat lambat dalam menulis dan membaca data. Apalagi kalau kapasitas penampungan datanya sangat kecil. Jadi, seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Harddisk.

Oke sekarang ke intinya langsung.....

Harddisk adalah media penyimpanan pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan semua data, aplikasi yang diinstall, dan sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

Harddisk dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

a) IDE (integrated device electronics) dengan memiliki 40 pin. Jenis ini yang sering digunakan pada computer rumahan.
b) SCSI (small computer system interface) memilki pin 50 pin. Jenis ini biasanya digunakan pada computer server.

Bagian-Bagian Harddisk dan Cara Kerja Harddisk


Bagian-bagian dari harddisk diantaranya yaitu:
a. Platter
Bagian yang menyimpan data. Bagian ini berbentuk piringan yang dilapisi dengan bahan magnetik sehingga mampu menyimpan data.
b. Read Write Head
Sebuah mekanisme yang bertugas membaca dan menulis data dari atau ke piringan harddisk.
c. Access Arm
Sebuah tungkai yang memegang head. Tungkai ini menggerakkan head ke seluruh permukaan piringan harddisk.
d. Drive Motor
Sebuah motor yang menggerakkan piringan harddisk pada porosnya. Motor inilah yang menentukan kecepatan perputaran piringan harddisk.

CARA KERJA HARDDISK

Kalau prosesor disebut sebagai otak sebuah komputer, maka hard drive (biasa disebut hard disk atau hardis) layak disebut sebagai jantung sebuah komputer yang bertugas mendistribusikan berbagai data penting yang dibutuhkan.

Tentu masih banyak pengguna komputer yang tidak tahu apa yang ada dan terjadi di balik kotak aluminium selubung sebuah hard disk yang biasa mereka pakai. Padahal mereka-mereka itu pasti tahu dengan file dan data yang disimpannya di dalam harddisk. Harddisk inilah yang membuat pengguna bisa menyimpan, merubah dan mengandakan file berisi data mereka lewat komputer. Beberapa fakta yang bisa menjadi pegangan untuk memahami sebuah hard disk adalah : 

1. Harddisk mampu menyimpan data dalam waktu yang lama
2. Kapasitas simpan sebuah Hard disk terus meningkat dari waktu ke waktu (sampai saat ini sudah mencapai 80 GB) namun ukuran fisik sebuah hard disk relatif tetap.
3. Makin cepat sebuah hard disk berputar maka makin cepat sebuah data bisa di akses dan ditransfer.
4. Semakin besar kapasitas harddisk beredar di pasar maka kapasitas di bawahnya akan semakin turun harganya.

Piringan magnetis dalam harddisk digunakan untuk menyimpan data digital dengan memberi penandaan pada tiap bagian hard disk. Masing-masing bagian yang sudah dan belum akan diberi penandaan dengan spot magnetis. Data disimpan dalam piringan magnetis setelah dirubah dengan penandaan biner dan diwakili oleh angka 0 dan 1.

Sebuah harddisk juga menggunakan alat bernama head yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari masing-masing permukaan disk. Penggerak dengan sebuah lengan mengendalikan head ini untuk tetap berada pada posisi tertentu pada permukaan disk. Bila ada lima disk dalam sebuah hard disk maka akan ada sepuluh head dengan sepuluh lengan berbeda yang mengendalikannya.

Hard disk akan merekan data dalam putaran konsentris yang biasa disebut dengan track. Dalam sebuah track ini masiha da pembagian lagi yang disebut dengan sektor. Masing-masing track dalam sebuah disk bisa diibaratkan sebuah buku tempat anda menyimpan tulisan yang tertata rapi dalam sebuah disk. Kalau sistem operasi membutuhkan file yang terletak dalam track dan sektor tertentu maka permintaan tersebut akan diteruskan lewat lengan pengendali head ke posisi track dan sektor tertentu dimana data disimpan.

Oke…udah capek mau ngetik lagi gays, yang penting udah post dan sedikit artikel tentang Harddisk. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel rangkuman saya yang aneh dan sedikit tidak nyambung ini. Artikel ini saya ambil dari buku-buku tentang computer dan searching dari Internet.

Source : teknisikomputerterbaik.blogspot.com/2013/02/fungsi-cara-kerja-harddisk.html


Do Not Copy Paste ! This article protected by

DMCA.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / STMIK Sinus / Teknik Informatika dengan judul Bagian-Bagian Harddisk dan Cara Kerja Harddisk. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://muhammadfajarsaputro.blogspot.com/2013/10/bagian-bagian-harddisk-dan-cara-kerja.html. Matur Tengkyu Mas Brow and Mbak Brow!!!
Ditulis oleh: fajar saputro -

Belum ada komentar untuk "Bagian-Bagian Harddisk dan Cara Kerja Harddisk"

Post a Comment