Komputer Informatika dan Perjalanan Indonesia

b

Pengertian Mainboard dan fungsi Komponen pada Mainboard

Hello mas bro and mbak bro, ketemu maning kalihan kulo. Saya disini akan menjelaskan sedikit pengetahuan saya tentang mainborad dan fungsi perangkat- perangkat mainboard. Untuk waktu ini banyak tugas suruh buat ini itu – ini itu..dari pada pusing mendingan di posting aja. Sorry lama nunggu bro. Oke lanjut ke topik utama…

Mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam system mainboard.

Mainboard

Mainboard


Mainboard juga sering di sebut dengan bagian perangkat keras pada computer yang berupa papan. Dimana mainboard ini adalah perangkat utama dan yang paling penting karena berisikan system BIOS ( Basic input output system ), terdapat juga socket untuk processor , slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

Sangat banyak produsen- produsen yang membuat mainboard untuk di pasarkan. Ada beberapa merk mainboard / motherboard yang terkenal adalah Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, PC chip, ECS, Biostar, and Jetway.

Dalam system komputer, komponen- komponen akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board atau papannya. Seluruh komponen yang terkoneksi akan menjadi sebuah system komputer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam komputer.

So, Sekarang mengenal tentang komponen- komponen yang ada pada mainboard.

1. CPU ( Central Processing Unit )
CPU ini adalah central dari kegiatan yang ada pada computer atau sering disebut dengan otaknya komputer. CPU ini diletakkan atau dipasang di CPU socket.

CPU ( Central Processing Unit )

CPU ( Central Processing Unit )


2. RAM ( Random Access Memory )
RAM itu adalah tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga computer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC dalam beroprasi. Di mainboard RAM dipasang di RAM soket.

RAM ( Random Access Memory )

RAM ( Random Access Memory )


3. VGA (Video Graphics Adapter)
Fungsi dari Video card adalah mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong yang agak dalam, beruntung sekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga lebih menghemat pengeluaran. bersifat mobile dan berkapasitas lebih besar daripada CD, DVD ataupun Blueray yang dapat diakses langsung tanpa menggunakan CD atau pun DVD.

VGA (Video Graphics Adapter)

VGA (Video Graphics Adapter)


4. Northbridge dan Southbridge
Northbridge merupakan komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard. Sedangkan southbridge adalah komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.

5. BIOS (Basic Input-Ouput System)
Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.

BIOS (Basic Input-Ouput System)

BIOS (Basic Input-Ouput System)


6. Port Floppy Disk
Digunakan untuk menghubungkan mediaremovable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.

7. Processor power supply connector berfungsi untuk menghubungkan 4 pin kabel power supply ke MOTHERBOARD / Mainboard.

8. Chipset
chipset adalah sebuah cirkuit electronik ynag berfungsi untuk mengkoordinasi transfer data yang ada di dalam komputer.

9. Slot IDE I (Primary) berfungsi untuk menghububgkn hard disk dengan motherboard
• Slot IDE II (Secondary) berfungsi untuk menghubungkan CD ROM / DVD ROM dengan Motherboard
• Slot FDD berfungsi untuk menghubungkan floppy disk dengan Motherboard
• Baterry C_MOS (complementary metal-oxide semiconductor) berfungsi sebagai syncronisasi signal system real time clock (RTC)
• BIOS (Basic Input/Output System) adalah sebuah program yang berfungsi interface antara sistem operasi dengan motherboard
• Port I/O (Input Output Connector)
• Port Mouse type PS2 berfungsi untuk memasang mouse
• Port keyboard type PS2 berfungsi untuk memasang keyboard
• Port Parallel berfungsi untuk memasang printer
• Port USB berfungsi untuk memasang perangkat tambahan jenis USB
• Port series berfungsi untuk menghubungkan monitor yang menggunakan VGA onboard
• Port VGA berfungsi untuk menghubungkan monitor yang menggunakan VGA card
• Port LAN berfungsi untuk memasang konector RJ 45
• Port Sound berfungsi untuk memasang perangkat tambahan seperti headset , speaker , dan microphon

Oke, itu sepengetahuan saya tentang perangkat keras mainboard dan bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat bagi yang baca dan yang sedang mencari artikel buat laporan atau sejenisnya. Salam sukses mas bro and mbak bro.


Do Not Copy Paste ! This article protected by

DMCA.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Teknik Informatika dengan judul Pengertian Mainboard dan fungsi Komponen pada Mainboard. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://muhammadfajarsaputro.blogspot.com/2013/10/pengertian-mainboard-dan-fungsi-mainboard.html. Matur Tengkyu Mas Brow and Mbak Brow!!!
Ditulis oleh: fajar saputro -

1 Komentar untuk "Pengertian Mainboard dan fungsi Komponen pada Mainboard"