Komputer Informatika dan Perjalanan Indonesia

b

Pengertian, Fungsi dan Cara Memperbaiki Gardan Mobil

Gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda . Sekedar untuk mengingatkan Anda , bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun . Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol . Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel.

Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan . Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda , sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.

Pengertian, Fungsi dan Cara Memperbaiki Gardan Mobil

Bagian-bagian Gardan

Fungsi Gardan Pada Mobil adalah sebagai berikut:


Merubah arah putaran mesin : Sebagaimana Anda ketahui bahwa posisi mesin pada mobil untuk truck atau khusunya mobil yang menggunakan as kopel, memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan . Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda.

Memperbesar momen : Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen . Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil , sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat adalah besar.

Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok : Pada saat mobil berbelok , putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip.

Final gear : terdiri atas ring gear dan drive pinion.
Differential gear : terdiri atas pinion gear , side gear dan differential carrier.


Cara Mengetahui masalah pada garden Mobil:

1. Dengarkan suara dari gardan saat mobil melaju

Cara ini bisa Anda lakukan dengan mematikan peranti audio yang ada di mobil. Kemudian buka kaca mobil dan jalankan kendaraan Anda di tempat yang sepi. Bila Anda mendengar ada suara gemerisik atau mendengung berarti ada permasalahan di gardan.
Suara itu diakibatkan oleh komponen yang ada di dalam gardan mengalami gesekan hebat karena oli berkurang banyak atau bahkan habis. Namun, bisa juga dikarenakan jumlah oli masih cukup banyak namun tingkat viskositasnya sudah tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan. "Atau oli sudah aus atau istilahnya basi, sehingga tingkat keenceran atau kekentalannya tidak sesuai lagi dengan persyaratan," ujar Pepen.

Itu bisa terjadi dikarenakan karena bakteri atau reaksi dengan zat-zat lain. Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melintas di daerah berair yang mengandung garam atau tingkat keasaman tinggi. Bila Anda ingin melakukan antisipasi agar kejadian seperti itu tidak terjadi, ada baiknya melakukan penggantian oli gardan secara rutin.

Maksimal saban mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer. Bila biasanya orang mengganti oli ini saat mengganti oli transmisi, sebaiknya tidak mengikuti kebiasaan itu. Artinya, meski oli transmisi bila saatnya ganti tetapi bila oli gardan telah harus ganti maka segera menggantinya.

2. Tetesan oli di bawah gardan

Kita juga sering melihat di bagian tutup gardan atau bagian lain ada rembesan atau tetesan oli di gardan. Sebaiknya jangan meremehkan hal itu, bila rembesan atau tetesan terjadi setiap harinya, maka lama-kelamaan oli gardan akan berkurang dalam jumlah yang cukup signifikan atau banyak.

Alhasil, komponen yang ada di gardan kekurangan minyak pelumas atau oli. Bila hal itu terjadi, maka gardan tidak akan berfungsi secara maksimal. "Akibatnya, sistem penggerak roda tidak bekerja. Bisa dibayangkan apa akibatnya, saat mobil melaju kencang tiba-tiba penggerak roda berhenti," opo ae iseh kelakon. Tapi, tetesan atau rembesan oli juga menjadi pertanda bahwa oli sudah basi atau aus sehingga unsur-unsur pengikat molekul oli menurun drastis.

Bila oli sudah seperti itu, tidak akan berfungsi maksimal dalam melumasi komponen-komponen di bagian gardan. Akibatnya, komponen juga cepat rusak atau tidak berfungsi maksimal. Saat ini banyak sekali jenis dan merk oli gardan di pasarkan. Umumnya, untuk mobil jenis mobil keluarga (MPV), sedan, dan city car atau mobil kecil disarankan untuk menggunakan oli multigrade yaitu dengan spesifikasi SAE75-90 atau 80W90. Viskositas oli tersebut lebih encer sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja garden sehingga Gardan Mobil tidak akan cepat aus atau pun rusak


Do Not Copy Paste ! This article protected by

DMCA.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel / Otomotif dengan judul Pengertian, Fungsi dan Cara Memperbaiki Gardan Mobil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://muhammadfajarsaputro.blogspot.com/2013/10/pengertian-fungsi-cara-memperbaiki-gardan-mobil.html. Matur Tengkyu Mas Brow and Mbak Brow!!!
Ditulis oleh: fajar saputro -

Belum ada komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Cara Memperbaiki Gardan Mobil"

Post a Comment